Hello world ! how are you all ? i hope your life can go on as you wish... only one message from me friends "life is a choice, and life is full of struggle, but remember life is beautiful" and now "Welcome to my blog " Get Gifs at CodemySpace.com

Sabtu, 12 November 2011

"Berpikir Cerdas 3"

BERPIKIR CERDAS 3
1. Apa yang dimaksud dengan prinsip ekonomi?
Yang dimaksud dengan prinsip ekonomi adalah pertimbangan yang disertai dengan pengorbanan sekecil mungkin untuk memperoleh hasil yang sebesar mungkin atau semaksimal mungkin.
2. Sebutkan ciri-ciri orang yang melaksanakan prinsip-prinsip ekonomi !
  • Bertindak rasional
yaitu bertindak sesuai akal sehat, dan dapat mengendalikan hawa nafsu dan emosinya agar bisa mengambil keputusan yang tepat.
  • Bertindak ekonomis
artinya seseorang dalam melakukan tindakan ekonomi selalu menggunakan perhitungan dan perencanaan yang tepat.
  • Bersikap hemat
yaitu untuk melakukan tindakan ekonomi haruslah bersikap hemat, dan menahan diri dengan tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan atau tidak terlalu penting.
  • Membuat skala prioritas
artinya membuat susunan skala kebutuhan dari kebutuhan yang paling dan sangat mendesak, sampai kebutuhan yang dapat ditangguhkan pemenuhannya alias tidak mendesak & tidak terlalu penting
  • Bertindak dengan prinsip cost and benefit
artinya dalam melakukan tindakan ekonomi seseorang harus memperhitungkan pengeluaran yang dikeluarkan dengan masukan/hasil yang akan diterima.
3. Sebutkan tujuan manusia menerapkan prinsip-prinsip ekonomi ! 
a. Mendapatkan keuntungan yang maksimal
b. Memanfaatkan kemampuan yang dimiliki
c. Tidak bersifat boros serta memperkecil resiko kerugian
4. Apakah tindakan ekonomi yang dilakukan manusia sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhannya selalu bersifat rasional ? Jelaskan !
Tidak, karena memang tidak semua orang mau menerapkan prinsip ekonomi, dan tidak semua orang bisa mengendalikan hawa nafsunya untuk bertindak ekonomi sesuai dengan prinsip ekonomi.
5. Apakah tawar menawar barang sebelum  membeli termasuk tindakan yang berprinsip ekonomi ? Jelaskan !
 Ya... Karena tindakan menawar harga itu termasuk tindakan ekonomi yang rasional.

1 komentar: