Hello world ! how are you all ? i hope your life can go on as you wish... only one message from me friends "life is a choice, and life is full of struggle, but remember life is beautiful" and now "Welcome to my blog " Get Gifs at CodemySpace.com

Rabu, 25 April 2012

"Gerak"

A. Pengertian Gerak

Gerak adalah perubahan posisi dari suatu titik acuan.
Titik Acuan adalah sesuatu yang dianggap diam dan digunakan sebagai pembanding.
Misalnya : kita melihat dari dalam jendela bahwa di jalan tampak sebuah mobil melintas di belakang pohon setelah kita menoleh sebentar dan melihat mobil lagi ternyata mobil tadi sudah berada di depan pohon. berarti mobil telah bergerak. pohon dikatakan sebagai titik acuan dan mobil dapat dikatakan bergerak dikarenakan telah berubah posisi dari posisi awal.

B. Macam-macam Gerak
 - Berdasarkan keadaannya dibedakan menjadi 2 yaitu gerak sebenarnya dan gerak semu
  • Gerak Sebenarnya
Gerak yang benar-benar dialami oleh benda, contoh : mobil bergerak , manusia berjalan.
  • Gerak Semu
Gerak tidak nyata atau gerak yang terjadi pada suatu benda dimana benda tersebut sebenarnya diam, namun terlihat seolah-olah bergerak. Contoh : matahari bergerak dari timur ke barat, pohon-pohon di tepi jalan terlihat seolah-olah bergerak ketika kita naik mobil.

 - Berdasarkan Lintasannya, gerak dibedakan menjadi 3 yaitu gerak lurus,gerak melingkar, dan gerak parabola.

  • Gerak lurus 
Gerak yang lintasannya berupa garis lurus. Contoh : kereta yang bergerak di rel.
Gerak lurus masih dibagi menjadi GLB yaitu gerak Lurus Beraturan dan GLBB yaitu Gerak Lurus Berubah Beraturan. Sedangkan GLBB masih di bagi menjadi GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar