Hello world ! how are you all ? i hope your life can go on as you wish... only one message from me friends "life is a choice, and life is full of struggle, but remember life is beautiful" and now "Welcome to my blog " Get Gifs at CodemySpace.com

Rabu, 02 Mei 2012

"Keanekaragaman Hayati"

A. Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan Di Indonesia
Kamu tentu tahu bahwa Indonesia terletak di antara 2 benua yaitu Benua Asia & Australia, juga terletak di antara 2 samudera seperti samudera Pasifik dan India. Indonesia mempunyai banyak keanekaragaman hewan dan tumbuhan. Variasi tersebut karena adanya faktor luar yaitu suhu,tanah, makanan dan faktor dalam yaitu adanya rekombinasi gen. Kita harus bangga karena beberapa tumbuhan hanya hidup dan ditemukan di Indonesia seperti Rafflesia Arnoldi hanya tumbuh dan ditemukan di pulau Sumatera (Indonesia). Indonesia juga mempunyai keanekaragaman hewan, hewan yang hidup di Papua bercorak sama dengan hewan yang hidup di Australia. Seperti Kanguru, dan burung Kasuari.Kita juga harus bangga dengan beberapa hewan yang hanya hidup dan ditemukan di Indonesia seperti Komodo, anoa, dan burung Maleo.

B. Hewan dan Tumbuhan Langka
Satu cara untuk menjaga/melastarikan hewan dan tumbuhan agar tidak punah adalah membudidayakannya. Pentingnya membudidayakan hewan dan tumbuhan langka tidak hanya sebagai pusat makanan, pakaian,rumah, obat-obatan , tetapu keaneka ragaman juga menjaga kestabilan lingkungan.

C. Tindakan Perusakan Keanekaragaman Hayati
Tuhan menganugerahi Indonesia berbagai macam keanekaragaman, tapi banyak orang di Indonesia merusak dan mengurangi keanekaragaman hayati tersebut seperti perburuan liar, perusakan hutan, penggunaan pupuk dan pestisida berlebihan.

D. Pelestarian Keanekaragaman Hayati
 Beberapa tindakan yang dapat melestarikan keanekaragaman hayati seperti :
  1. Memelihara kelestarian hutan
  2. Menetapkan daerah perlindungan alam
  3. Penangkaran flora dan fauna yang hampir punah
  4. Merehabilitasi hewan / satwa langka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar